Pages

Kamis, 15 Oktober 2009

Berpikir negatif tidak Menguntungkan

Berdasarkan beberapa penelitian ilmiah, disimpulkan bahwa berpikir negatif dapat memberikan dampak buruk yang lebih besar dibandingkan dengan dampak positifnya.

Dampak itu adalah:
1. Melemahkan sistem kekebalan tubuh.
2. Menyebabkan seseorang tertekan dan kehilangan banyak energi.
3. Mengakibatkan seseorang nggak mampu lagi berbuat sesuatu untuk menciptakan prestasi maupun kebahagiaan.

Ada sebuah cerita tentang sepasang muda-mudi yang menjelaskan bagaimana berpikiran negatif dapat menghancurkan seseorang.

Tragedi itu bermula ketika pemuda tadi harus pergi berjuang ke medan perang. Pada saat peperangan, kaki kanannya putus terkena bom. Dia merasa tidak pantas punya gadis pujaan hati karena kakinya cacat. Ia pun kemudian meminta bantuan temannya untuk memberitahukan kekasihnya kalau dia sudah gugur di medan peperangan. Setelah itu, ia malah semakin putus asa karena dia masih sangat mencintai gadis itu. Sampai suatu hari dia mendengar mantan kekasihnya akan segera menikah.

Pemuda tadi lantas merasa senang bercampur sedih. Di satu sisi ia senang kekasih hatinya sudah menemukan pengganti, tetapi di sisi lain ia juga turut merasa sedih karena kekasihnya menjadi milik orang lain. Pemuda tersebut ingin melihat mantan kekasihnya tersenyum bahagia. Dia sengaja datang pada acara pernikahan dan terus memperhatikan wanita itu secara diam-diam.

Tetapi dia sangat terkejut melihat calon suami kekasihnya itu. Pria itu adalah teman seperjuangan yang terputus kedua kakinya akibat perang.

Pemuda itu sangat menyesal kenapa dulu dia berpikir negatif dan terburu-buru memutuskan untuk mengundurkan diri karena kakinya terputus satu. Mengapa dia tidak menemui kekasihnya terlebih dahulu dan menanyakan secara langsung? Tetapi semua sudah terlambat, pemikiran negatif Cuma meninggalkan penyesalan.

Kisah tadi menegaskan bahwa kita seharusnya memikirkan kemungkinan terbaik terlebih dahulu, sebelum memikirkan kemungkinan terburuk. Sebab apa yang terjadi di depan nanti mungkin jauh lebih baik dari apa yang kita pikirkan. Menyimpan pikiran negatif akan merugikan kita. Karena itu, budayakan berpikir positif dalam hidup kita. Kemampuan berpikir positif terbentuk oleh kebiasaan-kebiasaan yang positif pula.


Berikut ini merupakan tips mengkondisikan diri agar setiap saat berpikir positif:

Tips pertama adalah mengurangi informasi negatif. Mungkin kita cenderung lebih sering mendengar berita tentang tragedi maupun tindak kejahatan, penindasan, penyelewengan dan lain sebagainya. Tetapi berita tentang keharmonisan, kepedulian, kejujuran dan cinta kasih seringkali luput dari perhatian. Maka, mulai saat ini kurangi informasi tentang hal-hal yang negatif. Ada baiknya kalau kita berusaha bergaul hanya dengan orang-orang yang secara pasti memberikan masukan positif terhadap cara berpikir. Brian Tracy mengatakan, ”Bergaullah dengan orang yang tepat. Bekerjasamalah dengan orang yang positif, yang berorientasi kepada hasil, mereka yang membangkitkan semangat dan menginspirasikan banyak hal kepadamu.”

Tips kedua adalah memfokuskan diri hanya kepada hal-hal yang positif. Sekali lagi belajarlah bersyukur atas segala keadaan yang terjadi dalam hidup kita. Kalau kita mengembangkan gaya hidup bersyukur, kita bakal selalu melihat segala sesuatu dengan positif.


Tips ketiga adalah menerima kejadian apa adanya dan menghilangkan negatif atau trauma. Kalau trauma itu benar-benar sulit dihilangkan, bukan berarti itu merupakan tanda-tanda kelemahan kita. Trauma itu cuma akan menjadi penjara dalam hidup kita. Penjara itu lama-kelamaan membatasi ruang gerak dan potensi kita. Daripada kita berkubang dalam rasa traumatik, lebih baik kita mengampuni diri sendiri dan orang-orang yang sudah menyebabkan trauma itu.

Kata Zig-Ziglar, ”It’s not the situation, but wheather we react (negative) or respond (positive) to the situation that’s important. Bukan persoalan situasinya yang tidak tepat, yang terpenting adalah bagaimana kita mereaksi atau merespon situasi tersebut.”

Mulailah berpikir positif hari ini dan lihatlah kita akan menikmati kejadian-kejadian yang menyenangkan sepanjang waktu.

1 komentar :

  1. Yahuuu.. Pertama. Hehe. (senengnya kayak apa ajah)
    BENER BANGET..
    Makanya saya buru2 pindah dari tuan rumah saya yang saban hari bertengkar sama anaknya, dan hidup saya langsung berubah jadi lebih bahagia.
    :)
    Stay POSITIVE!

    BalasHapus

Share your feeling here

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...